FORMAT HARDDISK


LOW LEVEL FORMAT

merupakan format secara fisik (hardware level) dengan menentukan track, head dan sector yang akan dipakai untuk menyimpan data. Jika terjadi masalah tertentu, seperti bad sector, corrupted partition table dan terkena virus, low level format ulang bisa menjadi solusinya.
PARTISI (PARTITIONING)
Dilakukan dengan membagi harddisk ke dalam beberapa bagian logical volume. Ada tiga jenis partisi pada harddisk, yaitu primary partition, extended partition, dan logical partition. Primary Partition mempunyai beberapa fungsi antara lain, sebagai system partition (active partition) untuk memulai (start) sistem operasi, boot partition untuk menyimpan file-file system operasi, dan general purposes partition untuk menyimpan data.
Jika ingin membuat partisi yang lebih banyak, gunakan saja extended partition. Extended Partition adalah partisi yang dipakai sebagai container dan berisi partisi lagi (logical partition). Logical partition bisa dibuat banyak di dalam extended partition.
HIGH LEVEL FORMAT
Dilakukan dengan cara mempersiapkan hard disk agar siap menerima data. Format dilakukan pada suatu partisi dengan menggunakan system tertentu yang disebut dengan file system.





Sistem Operasi
Jenis Partisi
Windows 98, 98SE, ME
FAT 32
Windows NT, 2000, XP
FAT 32, NTFS
Linux
Linux Ext2, Linux Ext3


0 Responses So Far: