ARTIKEL LIMBAH





v PengertianLimbahatauSampah
Limbahatausampahyaitulimbahataukotoran yang dihasilkankarenapembuangansampahatauzatkimiadaripabrik-pabrik.Limbahatausampahjugamerupakansuatubahan yang tidakberartidantidakberharga, tapikitatidakmengetahuibahwalimbahjugabisamenjadisesuatu yang bergunadanbermanfaatjikadiprosessecarabaikdanbenar.Limbahatausampahjugabisaberartisesuatu yang tidakbergunadandibuangolehkebanyakan orang, merekamenganggapnyasebagaisesuatu yang tidakbergunadanjikadibiarkanterlalu lama makaakanmenyebabkanpenyakitpadahaldenganpengolahansampahsecarabenarmakabisamenjadikansampahinimenjadibendaekonomis.
II. Jenis-jenislimbah
Ø Jikadidasarkanasalnya, limbahdikelompokkanmenjadi 2 yaitu :
1. LimbahOrganik
Limbahiniterdiriatasbahan-bahan yang besifatorganiksepertidarikegiatanrumahtangga, kegiatanindustri.Limbahinijugabisadenganmudahdiuraikanmelalui proses yang alami. Limbahpertanianberupasisatumpahanataupenyemprotan yang berlebihan, misalnyadaripestisidadanherbisida, begitu pula denganpemupukan yang berlebihan.Limbahinimempunyaisifatkimia yang setabilsehinggazattersebutakanmengendapkedalamtanah, dasarsungai, danau, sertalautdanselanjutnyaakanmempengaruhiorganisme yang hidupdidalamnya. Sedangkanlimbahrumahtanggadapatberupapadatansepertikertas, plastikdan lain-lain, danberupacairanseperti air cucian, minyakgorengbekasdan lain-lain. Limbahtersebutada yang mempunyaidayaracunyang tinggimisalnya :sisaobat, bateraibekas, dan air aki. Limbahtersebuttergolong (B3) yaitubahanberbahayadanberacun, sedangkanlimbah air cucian, limbahkamarmandi, dapatmengandungbibit-bibitpenyakitataupencemarbiologissepertibakteri, jamur, virus dansebagainya.
2. LimbahAnorganik
Limbahiniterdiriataslimbahindustriataulimbahpertambangan.Limbahanorganikberasaldarisumberdayaalamyangtidakdapat di uraikandantidakdapatdiperbaharui. Air limbahindustridapatmengandungberbagaijenisbahananorganik, zat-zattersebutadalah :
v Garamanorganikseperti magnesium sulfat, magnesium klorida yang berasaldarikegiatanpertambangandanindustri.
v Asamanorganiksepertiasamsulfat yang berasaldariindustripengolahanbijilogamdanbahanbakarfosil.
Adapulalimbahanorganik yang berasaldarikegiatanrumahtanggasepertibotolplastik, botolkaca, tasplastik, kalengdanaluminium.
Ø Jikaberdasarkansumbernyalimbahdikelompokkanmenjadi 3 yaitu :
1. LimbahPabrik
Limbahinibisadikategorikansebagailimbah yang berbahayakarenalimbahinimempunyaikadargasyangberacun, padaumumnyalimbahinidibuang di sungai-sungaidisekitartempattinggalmasyarakatdantidakjarangwargamasyarakatmempergunakansungaiuntukkegiatansehari-hari, misalnya MCK(Mandi, Cuci, Kakus) dansecaralangsung gas yang dihasilkanolehlimbahpabriktersebutdikonsumsidandipakaiolehmasyarakat.
2. LimbahRumahTangga
Limbahrumahtanggaadalahlimbah yang dihasilkanolehkegiatanrumahtanggalimbahinibisaberupasisa-sisasayuransepertiwortel, kol, bayam, sladadan lain-lain bisajugaberupakertas, kardusataukarton.Limbahinijugamemilikidayaracuntinggijikaberasaldarisisaobatdanaki.
3. LimbahIndustri
Limbahinidihasilkanatauberasaldarihasilproduksiolehpabrikatauperusahaantertentu.Limbahinimengandungzat yang berbahayadiantaranyaasamanorganikdansenyawaorgaik, zat-zattersebutjikamasukkeperairanmakaakanmenimbulkanpencemaran yang dapatmembahayakanmaklukhiduppengguna air tersebutmisalnya, ikan, bebekdanmaklukhiduplainnyatermasukjugamanusia
III. Cara menanganilimbah
v Pertamadengancaradidaurulang
v Dijualkepasarloakatautukangrongsokan yang biasalewatdi depanrumah – rumah. Cara inibisamenjadikanlimbahatausampah yang semulabukanapa-apasehinggabisamenjadibarang yang ekonomisdanbisamenghasilkanuang.Dapatjugadijualkepadatetanggakita yang menjaditukangloakataupunpemulung.Barang-barang yang dapatdijualantara lain kertas-kertasbekas, koranbekas, majalahbekas, botolbekas, ban bekas, radio tua, TV tuadansepeda yang usang.
v Dengancarapembakaran
Cara iniadalahcara yang paling mudahuntukdilakukankarenatidakmembutuhkanusahakeras. Cara inibisadilakukandengancaramembakarlimbah-limbahpadatmisalnyakertas-kertasdenganmenggunakanminyaktanahlaludinyalakanapinya.
Kelebihancaramembakariniadalah :
1. Mudahdantidakmembutuhkanusahakeras
2. Membutuhkantempatataulokasi yang cukupkecil
3. Dapatdigunakansebagaisumberenergibaikuntukpembangkituap air panas, listrikdanpencairanlogam.


0 Responses So Far: